Apa Sih Untungnya Jadi Blogger ? - Go On-Line
Headlines News :
Home » , » Apa Sih Untungnya Jadi Blogger ?

Apa Sih Untungnya Jadi Blogger ?

Written By Unknown on Rabu, 28 Agustus 2013 | 16.57



Bismillahirohmanirohim...

Go On-Line - Sesuai judul, mungkin kalian pernah berpikir "Apa sih untungnya jadi blogger?". Nah, mungkin postingan kali ini dapat menjawab pertanyaan itu. Semoga bermanfaat,

 http://www.rungitom.com/wp-content/uploads/2012/11/infographic-Brain-of-a-Blogger.jpg

Blogger adalah seorang penulis atau jurnalis yang mengupayakan aplikasi weblog untuk dijadikan sebagai media menulisnya. Lalu Blogging adalah sebuah kegiatannya dalam melakukan pengunggahan konten atau artikel ke sebuah weblog.
Ya iyalah, nenek-nenek ompong juga tau kaleee....!!!
Pada dasarnya blog adalah sebuah sarana yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi baik berupa promosi barang dagangan, promosi diri sendiri bahkan promosi apapun sehingga apa yang dijadikan bahan promosi bisa dilihat dan diakses oleh banyak orang. Hal ini mengingat pengguna internet di dunia telah mencapai 90%.
Kalo promosi diri gimana ?

Dengan memanfaatkan blog, ajang promosi akan lebih efektif dan efisien. Tidak memerlukan banyak cost dan time karena memang konsep blog adalah real time tidak terpaut akan ruang dan waktu. Di manapun, dan dalam kondisi apapun kita tetap bisa ngeblog selama masih terhubung dengan jaringan internet.
Banyak lho para blogger menggunakan blog hanya sebatas untuk meluapkan emosi dan perasaanya saja, semacam Digital Diary gitu deh. Selain itu ada juga kok blogger yang memanfaatkan blog untuk ajang diskusi dan sharing materi pelajaran. Dan tak sedikit juga blogger yang memanfaatkan media blog sebagai ajang untuk promosi dan bisnis.

Banyak manfaat yang bisa diambil tentunya dari aktifitas ngeblog. Dengan ngeblog kita bisa mengembangkan bakat menulis dan bakat jurnalis tentunya dengan catatan tidak melakukan aksi plagiat yang sering diperbincangkan oleh para master blog lainnya yang mungkin mereka telah jengkel dengan aktifitas pencurian kekayaan intelektial itu.

Syarat Menjadi Blogger :
Blogger adalah sebuah media yang bisa diakses dan digunakan oleh siapapun, tak memandang kasta, usia dan agama. Semuanya bisa melakukan blogging dan benar-benar real time. Mau siang atau malam pun kita tetap bisa beraktifitas blogging. Syaratnya hanyalah memiliki jiwa jurnalis / penulis, sabar dan suka dengan hal-hal yang baru. Dan jika syarat itu sudah terpenuhi, syarat selanjutnya adalah punya blog.
Selain itu seorang blogger harus dituntut profesional dalam menjalankan profesinya sebagai blogger, memang profesi blogger masih banyak yang tidak menjadikannya sebagai aktifitas utama, akan tetapi ngeblog juga butuh konsentrasi dan ketekunan yang tinggi. Karena mencapai kesuksesan sebagai blogger bukanlah hal yang sangat instan. Butuh perjuangan, keringat dan konsentrasi yang baik agar bisa tercapai tujuannya.

Apa Saja Media Blog Yang Bisa Saya Gunakan ? :
Banyak bertebaran di internet fasilitas blogging. Diantara yang paling terkenal adalah :
1. Blogger.com (blogspot)
2. Wordpress.com
3. Thumblr.com
4. Blogdetik.com
5. Kompasiana.com
6. dll.
Semuanya pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing akan tetapi tujuannya adalah sama. Silahkan pilih sesuai dengan kesukaan kalian sendiri.

Apa Yang Bisa Saya Lakukan Di Blog ? :
Banyak yang bisa kalian lakukan di blog. bahkan menjadi artis seperti Raditya Dhika. Mungkin si kambing jantang itu lagi hoki aja hasil kreatif dan curhatan koplaknya bisa diterbitin ke buku. Dasar kambing!
Ya walaupun si kambing itu agak bodoh, tapi saya suka bahkan malah ngefans, saking ngefans nya, saya bela-belain buat nyari buku Kambing jantannya ke pasar loak. Tapi akhirnya saya tidak jadi beli karena lagi nggak punya uang. #Sedih!

Nggak Punya Laptop, Apa Masih Bisa Jadi Blogger ? :
Ngeblog memang butuh sarana dan prasarana berupa komputer atau gadget untuk membantu mengunggah konten atau artikel ke blog. Tapi itu bukan sebuah alasan untuk tidak ngeblog. Banyak jalan menuju roma, atau bisa menggunakan pribahasa Tak Ada Rotan, Akar Pun Jadi.

Maksutnya itu ngeblog bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, jika tidak punya komputer, laptop atau gadget yang bisa digunakan untuk update blog. Kalian bisa menggunakan jasa Warnet atau pinjam laptop teman untuk ngeblog. So, nggak punya komputer bukan menjadi alasan kan buat nggak ngeblog.

Apa Keuntungan Ngeblog ? :
Memiliki blog tentunya bisa mendatangkan keuntungan tersendiri kok, tergantung konsep dan karakter blognya. Jika blog ini digunakan untuk melakukan promosi produk tentunya dengan blog bisa dijadikan sebagai toko ke dua atau media promosi yang paling konkrit dan lebih efisien.

Jika blog digunakan untuk sarana menulis semacam Diary, paling tidak bisa dijadikan bahan promosi diri sendiri, tulisan atau artikel kalian bisa lebih nge-hits dan terkenal di kalangan para penggemar dan pengunjung setia blog kalian.

Selain itu jika blog kalian telah ramai pengunjung, kalian bisa membuka peluang emas untuk mendatangkan pundi-pundi uang dengan cara memasang Iklan, baik iklan personal maupun iklan dari pihak PPC seperti Google Adsenes, Kliksaya, Sitti.co.id, dll.

Kehabisan Ide Jadi Kudet (Kurang Update) :
Mungkin ini penyakit yang sering terjadi pada kalangan blogger pemula atau memang blogger yang kadang kurang doyan nulis. Penyakit Kudet bisa diatasi dengan sering jalan-jalan cari isnpirasi, baca buku, nonton berita televisi, atau dengerin radio. Bahkan kudet bisa diatasi dengan cara Kodar (Kopi Darat) sesama teman atau blogger. Jadi apapun temuan kalian sebaiknya segera tuangkan ke dalam blog.

Jadi untung banget dong buat kalian kegiatan ngeblog ini. Selain mengikuti komunitas sesama blogger dan dapetin teman bahkan gebetan. Ngeblog juga ternyata bisa ngasah kreatifitas dan potensi positif bagi diri sendiri. Dan kalau bisa dijadikan mesin uang, kenapa nggak.

So, Mari ngeblog dari sekarang dan jadilah dirimu, ciptakan duniamu lewat tulisan.
Salam Blogger Indonesia. (Nemu Kabar)
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Silahkan Berkomentar

Berkomentarlah yang sopan. Komentar spam dll akan kami hapus.

 
Support : Media Ponorogo | On Line | Buku Catatanku
Copyright © 2011. Go On-Line - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger